Panduan Minum Susu di Bulan Ramadhan

Berpuasa di bulan Ramadhan tidak berarti harus kelaparan. Pada prinsipnya, berpuasa adalah menggeser waktu makan dari tiga kali sehari menjadi dua kali sehari, yaitu pada saat sahur dan berbuka. Nah, agar kegiatan puasa berjalan lancar, asupan gizi harian tentu harus dijaga meski pola makan tengah mengalami perubahan.

Anak-anak yang sedang belajar berpuasa biasanya belum sanggup berpuasa selama sehari penuh. Meski begitu, sebagai bagian dari proses belajar anak, orang tua tetap perlu mengajarkan praktik berpuasa yang baik dan benar, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi pada saat sahur dan berbuka. Meski sedang berpuasa, bukan berarti si kecil harus absen minum susu lho, Mam. Rutinitas minum susu pertumbuhan anak justru harus terus dilakukan untuk membantu memenuhi kecukupan gizi anak yang sedang berpuasa.

Berikut panduan minum susu bagi si kecil di bulan Ramadhan:

  • Minum susu di waktu sahur
    Selama berpuasa, tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar stamina dan kesehatan tetap terjaga. Salah satu trik untuk ‘menjauhkan’ rasa lapar adalah dengan mengonsumsi makanan yang mampu meninggalkan rasa kenyang lebih lama, yaitu makanan yang mengandung protein, lemak, dan serat. Susu adalah salah satu sumber protein, seperti halnya telur. Maka dari itu, selain mengonsumsi makanan bergizi lainnya, pastikan si kecil juga tetap rajin minum susu pada saat sahur. Selain menyumbang asupan cairan tubuh, susu mengandung kalsium dan sejumlah vitamin yang diperlukan anak di masa pertumbuhan. Minum susu saat sahur juga dapat membantu memperkuat daya tahan tubuhnya selama berpuasa.
     
  • Minum susu sesuai dengan kebutuhan anak
    Beda usia, beda juga kebutuhan minum susu anak. Mengonsumsi susu pertumbuhan dapat mendukung proses tumbuh kembang anak balita. Dalam sehari, anak usia 1-5 tahun perlu mengonsumsi susu sebanyak 2-3 porsi atau sekitar 200-600 ml. Susu pertumbuhan anak diformulasikan secara khusus untuk melengkapi kebutuhan asupan nutrisi balita. Susu pertumbuhan diperkaya dengan zat besi, vitamin, dan mineral yang berguna sebagai nutrisi tambahan bagi anak.
     
  • Minum susu di malam hari
    Di malam hari usai berbuka puasa dan setelah salat tarawih, anak dianjurkan untuk menyantap camilan yang sehat. Pilihannya bisa berupa buah, yoghurt, kue, puding, atau susu.

 
Selama bulan puasa, rutinitas minum susu dapat dilakukan pada saat sahur, berbuka, dan di luar waktu puasa, seperti malam hari usai salat tarawih atau siang hari jika si kecil tidak berpuasa sehari penuh. Susu pertumbuhan anak S-26 Promise GOLD yang dilengkapi new improved formula MULTIEXCEL™ sangat cocok untuk mendukung kebutuhan nutrisi anak usia 3-12 tahun yang tengah belajar berpuasa.

Bila si kecil sedang melalui fase susah makan, Mam dapat memberikan S-26 NutriSure GOLD yang telah diformulasikan untuk melengkapi nutrisi harian dan tumbuh kembang anak usia 1-10 tahun yang bermasalah makan. S-26 NutriSure GOLD adalah nutrisi pendukung untuk tumbuh kembang anak yang bermasalah makan usia 1-10 tahun, yang dilengkapi dengan mikronutrien, makronutrien, dan protein yang merupakan komponen esensial dalam pertumbuhan maupun perkembangan anak. Namun, sebelum memberikan S-26 NutriSure GOLD kepada si kecil, sebaiknya Mam berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memahami lebih lanjut mengenai dukungan nutrisi si kecil, ya.


Sumber:

  1. health.detik.com/read/2013/07/14/042002/2301887/763/minum-susu-sapi-untuk-menu-sahur-amankah
  2. sahabatnestle.co.id/content/view/panduan-gizi-anak-saat-puasa.html
  3. republika.co.id/berita/ramadhan/shaum-ala-rasulullah-saw/14/06/30/n7z745-menu-aman-saat-sahur-dan-berbuka-puasa
  4. health.kompas.com/read/2016/06/01/130000323/konsumsi.susu.ideal.berdasarkan.usia
  5. sahabatnestle.co.id/content/view/panduan-gizi-anak-saat-puasa.html

Diakses pada 2 Juni 2016

This article was helpful for 0 moms.


Smart Strength Finder

Merupakan tool bagi orangtua untuk mengetahui kepintaran si Kecil. Hasil tes Smart Strength Finder akan membantu orangtua dalam memberikan stimulasi tepat sesuai dengan kepintaran si Kecil.

Lihat selengkapnya