Dengan 3 Trik Ini, Si Kecil Tak Lagi Susah Makan

Problem anak susah makan sering membuat orang tua khawatir hingga frustrasi. Meski sudah diberikan banyak pilihan makanan, namun si kecil masih saja enggan melahapnya. Alih-alih menyantap makanan yang sudah disiapkan di meja makan, ia malah meminta makanan favoritnya dan tidak mau menyantap makanan jenis lain.

Padahal, mengonsumsi makanan yang itu-itu saja berisiko membuatnya kekurangan zat gizi tertentu. Dalam masa pertumbuhannya, anak membutuhkan asupan gizi lengkap yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serta cairan sebanyak 1-1,5 liter per hari. Mengonsumsi susu setiap hari juga baik bagi pertumbuhan anak karena susu formula mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan si kecil.

Sebenarnya, selama berat badan si  kecil tidak berkurang secara drastis, orang tua tidak perlu waswas meski anaknya tengah berada dalam fase picky eater. Jika penyebab anak susah makan adalah kegemarannya mengonsumsi susu, ada baiknya Mam mengevaluasi kembali pola minum susu harian si kecil. Selain itu, lakukan tiga trik ini untuk mengatasi masalah anak susah makan:

  • Minum susu sesuai porsi yang dianjurkan
    Melihat si kecil senang minum susu memang membuat banyak orang tua senang. Maklum, di dalam susu terkandung bermacam zat besi yang penting bagi pertumbuhan anak, mulai dari lemak, protein, karbohidrat, mineral (kalsium dan fosfor), hingga berbagai jenis vitamin (A, D, E, K). Namun, meski susu tergolong sebagai asupan bergizi bagi anak, hindari memberikan susu secara berlebihan kepada si kecil ya, Mam.
    Ikuti rekomendasi pemberian susu yang sesuai dengan kebutuhan usianya, misalnya untuk balita, yakni 500-600 cc atau setara dengan dua gelas per hari. Membiarkan si kecil minum susu melebihi takaran yang sewajarnya justru dapat membuatnya malas makan karena merasa sudah kenyang setiap kali usai minum susu.
     
  • Minum susu setelah makan
    Selain mendapatkan zat gizi dari susu, anak juga membutuhkan nutrisi yang berasal dari berbagai jenis makanan sehat. Buat jadwal makan dan minum susu yang teratur bagi si kecil. Biasakan memberinya susu setelah makan agar perutnya tidak kenyang terlebih dahulu setelah minum susu hingga ia kemudian malas makan.
     
  • Berikan S-26 NutriSure GOLD untuk memenuhi kebutuhan gizi anak
    Bila Mam khawatir asupan gizi si kecil terhambat karena masalah susah makan, berikan S-26 NutriSure GOLD untuk membantu memenuhi kebutuhan gizinya. S-26 NutriSure GOLD telah diformulasikan sebagai nutrisi pendukung untuk tumbuh kembang anak usia 1-10 tahun yang bermasalah makan. Susu ini dilengkapi formula yang terintegrasi dalam Wyeth Biofactor System sehingga setiap sajiannya mengandung 200 kkal energi total. Di dalam S-26  NutriSure GOLD terdapat kandungan nutrisi penting bagi pertumbuhan anak seperti makronutrien (karbohidrat, protein, lemak) dan mikronutrien (12 vitamin dan 6 mineral) yang cenderung kurang pada anak bermasalah makan.

Setelah problem susah makan si kecil teratasi, jangan sampai si kecil stop minum susu ya, Mam. Masih banyak manfaat sehat yang akan ia dapatkan bila meneruskan kebiasaan minum susu setiap hari. Lanjutkan kebiasaan minum susunya ke susu pertumbuhan S-26 Procal GOLD bagi anak usia 1-3 tahun dan S-26 Promise GOLD untuk anak usia 3-12 tahun.
 

Sumber:

  1. ayahbunda.co.id/balita-gizi-kesehatan/kebutuhan-nutrisi-harian-anak-1-3-tahun
  2. ayahbunda.co.id/balita-gizi-kesehatan/cermati-pilihan-susu-untuk-balita-
  3. parenting.co.id/dunia-mama/fakta-tentang-susu
  4. parenting.co.id/balita/anak-susah-makan-hanya-mau-minum-susu-
  5. wyethnutrition.co.id/produk/S-26-nutrisure-GOLD

Diakses pada 13 Juli 2016

This article was helpful for 0 moms.


Smart Strength Finder

Merupakan tool bagi orangtua untuk mengetahui kepintaran si Kecil. Hasil tes Smart Strength Finder akan membantu orangtua dalam memberikan stimulasi tepat sesuai dengan kepintaran si Kecil.

Lihat selengkapnya