6 Trik Makan untuk Balita Aktif yang Pilih-Pilih Makanan

Mam tak perlu bingung melihat si kecil yang aktif dan tak bisa diam. Banyak bergerak ternyata bisa melatih kepintaran si kecil, lho! Menurut Dr. dr. Yetty Ramli SpSK dari Departemen Neurologi FKUI-RSCM, anak yang gerakan motoriknya mencapai kemampuan maksimal akan memengaruhi perkembangan otak termasuk kepintaran kognitifnya.

Namun, bagaimana jika si kecil yang aktif sekarang sedang memasuki fase picky eater? Bukan hanya senang pilih-pilih makanan, tetapi ia juga sering kali tidak menghabiskan makanannya. Mam sudah berusaha menawarkan berbagai pilihan makanan, namun ia hanya mau makan makanan yang itu-itu saja. Mam tentu khawatir ia akan kekurangan gizi penting untuk tumbuh kembangnya.

Ada banyak alasan penyebab anak susah makan. Menurut dr. Nuraini Irma Susanti SpA dari RSUP Fatmawati Jakarta Selatan, beberapa di antaranya yaitu si kecil:

  • Belum lapar
  • Mulai mengenal aneka cita rasa
  • Bosan dengan tekstur makanan tertentu, misalnya yang terlalu lembut
  • Muncul sikap penolakan
  • Sedang sakit
  • Terlalu banyak makan camilan manis

Membujuk si picky eater agar mau makan memang bukan pekerjaan mudah. Tetapi, Mam jangan menyerah, ya. Ini sejumlah trik jitu yang dapat Mam coba untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi si kecil yang aktif:

  • Sediakan makanan dalam porsi kecil
    Tak usah terpaku memberikan makan dalam porsi besar, terutama pada saat jam makan utama. Sajikan makanan dalam porsi kecil, dan bila si kecil menghabiskannya, Mam bisa menawarkan untuk menambah porsinya. Meskipun porsinya kecil, pastikan makanan tersebut padat gizi dan mengandung sumber energi utama seperti karbohidrat, lemak, dan protein untuk mendukung aktivitasnya yang tinggi.
     
  • Tawarkan beragam jenis minuman
    Anak yang banyak bergerak tentu banyak berkeringat. Maka dari itu, ia perlu mengonsumsi cukup cairan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Selain minum air putih, si kecil juga bisa mendapatkan asupan cairan dari minuman sehat lain seperti jus atau susu.
     
  • Buat si kecil nyaman
    Pada waktu makan, Mam dapat menemani si kecil atau ikut makan bersamanya. Hindari makan di depan televisi agar ia dapat lebih fokus pada aktivitas makannya. Jangan memaksa atau menyuruhnya makan dengan cepat, ya, Mam. Biarkan ia merasakan tekstur dan rasa makanan serta menikmatinya.
     
  • Ganti sumber gizinya
    Tak  perlu resah bila si kecil tidak suka makanan tertentu. Carilah jenis makanan lain yang memiliki kandungan gizi serupa. Misalnya, jika anak tidak suka makan nasi, Mam bisa menawarkan pasta, mi, roti, atau kentang sebagai sumber karbohidrat. Bila si kecil menolak makan kubis, Mam bisa menggantinya dengan brokoli, kol, atau kembang kol. Menurut Vandana Sheth, RDN, juru bicara dari Academy of Nutrition and Dietetics, semua sayuran itu kaya akan vitamin C, K, asam folat, potasium, mangan, serta vitamin A dan B6.
     
  • Beri kudapan yang sehat
    Meski anak susah makan, namun biasanya ia senang ngemil. Mam bisa memanfaatkan kondisi itu dengan menyajikan kudapan sehat yang mengandung gula alami seperti buah-buahan. Kurangi jatah ngemil jajanan dalam kemasan yang umumnya mengandung gula tambahan, zat pengawet, serta lemak trans.
     
  • Berikan S-26 NutriSure GOLD
    Di masa-masa si Kecil susah makan, Mam dapat memberikan dukungan nutrisi S-26 NutriSure GOLD untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi si Kecil. Susu ini secara khusus diformulasikan sebagai nutrisi pendukung bagi anak usia 1-10 tahun yang bermasalah makan. S-26 NutriSure yang terdiri dari makronutrien dan mikronutrien penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.
     

Menghadapi si kecil yang senang pilih-pilih makanan memang bisa membuat orang tua frustrasi. Maka itu, dibutuhkan kesabaran dan ketenangan agar situasi tidak menjadi lebih rumit dan si kecil menjadi lebih anti terhadap makanan. Selamat mencoba trik-trik di atas ya, Mam!


Sumber:

  1. mayoclinic.org/healthy-lifestyle/childrens-health/in-depth/nutrition-for-kids/art-20049335
  2. livestrong.com/slideshow/1011325-10-superfood-swaps-picky-eaters/#slide=7
  3. sahabatnestle.co.id/content/tips-mengatasi-anak-susah-makan/kiat-mengatasi-balita-susah-makan.html
  4. ayahbunda.co.id/balita-tips/hadapi-balita-aktif-dan-tak-mau-diam-
  5. ayahbunda.co.id/balita-tips/trik-atasi-balita-tidak-mau-makan
  6. tabloidnova.com/Keluarga/Anak/8-Penyebab-Si-Kecil-Mulai-Sulit-Makan
  7. regional.kompas.com/read/2008/09/19/17095893/waspadai.lemak.trans
  8. republika.co.id/berita/humaira/samara/13/09/05/msn3va-anak-sangat-aktif-ini-istimewanya

Diakses pada 29 Juni 2016

This article was helpful for 0 moms.


Smart Strength Finder

Merupakan tool bagi orangtua untuk mengetahui kepintaran si Kecil. Hasil tes Smart Strength Finder akan membantu orangtua dalam memberikan stimulasi tepat sesuai dengan kepintaran si Kecil.

Lihat selengkapnya