4 Alasan Balita Perlu Minum Susu

Proses tumbuh kembang balita dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari lingkungan, kondisi ekonomi keluarga, pendidikan orang tua, budaya, hingga asupan nutrisi seimbang. Pemberian makan yang bergizi bukan hanya berfungsi sebagai sumber energi untuk si kecil beraktivitas, tetapi juga membantu pertumbuhan fisik dan perkembangan kecerdasannya.

Selain makanan bergizi, sumber nutrisi yang tak kalah penting bagi masa pertumbuhan si kecil adalah susu. Di dalam susu terdapat berbagai jenis nutrisi yang dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan anak, seperti protein, asam lemak, karbohidrat, mineral (kalsium, fosfor) serta bermacam vitamin. Berikan susu formula bernutrisi lengkap untuk memenuhi kebutuhan gizi si kecil ya, Mam.

Selain itu, tahukah Mam? Kebiasaan minum susu juga dapat memberikan sejumlah manfaat berikut pada si kecil:

  • Sumber energi
    Kandungan asam lemak dan karbohidrat di dalam susu membuatnya menjadi salah satu sumber energi yang baik untuk anak.
     
  • Mendukung anak yang sedang asyik mengeskplorasi kepintarannya
    Di dalam susu terdapat sejumlah zat gizi yang bermanfaat dalam membantu mendukung kepintaran si kecil. Omega 3 dan Omega 6, misalnya, merupakan komponen pembentuk membran sel otak yang tidak dapat dibentuk oleh tubuh. Sementara, AA dan DHA dapat membantu pertumbuhan sistem saraf pusat dan fungsi penglihatan.
     
  • Mendukung pertumbuhan dan perkembangan
    Susu mengandung protein, komponen esensial yang dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Sementara alfa laktalbumin adalah bagian dari whey protein yang mudah diserap tubuh.
     
  • Memperkuat tulang dan gigi
    Kandungan kalsium, vitamin D, dan fosfor pada susu bermanfaat dalam mempertahankan kepadatan tulang dan gigi. Kalsium yang terdapat dalam susu lebih mudah diserap tubuh dibandingkan dengan pada makanan lain.

Jadi, dukung si kecil mengeksplorasi kepintarannya dengan memberikan susu formula bernutrisi lengkap. Jangan lupa untuk memilih susu formula dengan kandungan gula rendah ya, Mam. Hal ini penting agar si kecil tidak berisiko terhadap kegemukan di masa pertumbuhannya.


Sumber:

  1. cyh.com/HealthTopics/HealthTopicDetails.aspx?p=114&np=302&id=1788
  2. gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/parenting/16/02/16/o2mvuf328-susu-sapi-hanya-baik-untuk-anak-sapi-ini-penjelasannya
  3. ayahbunda.co.id/balita-gizi-kesehatan/cermati-pilihan-susu-untuk-balita-
  4. mitrakeluarga.com/tegal/makanan-untuk-membantu-agar-anak-menjadi-cerdas/
  5. wyethnutrition.co.id/products/s-26-promise-gold

Diakses pada 1 Juli 2016

This article was helpful for 0 moms.


Smart Strength Finder

Merupakan tool bagi orangtua untuk mengetahui kepintaran si Kecil. Hasil tes Smart Strength Finder akan membantu orangtua dalam memberikan stimulasi tepat sesuai dengan kepintaran si Kecil.

Lihat selengkapnya