Apa Itu Oligofruktosa dan Bagaimana Perannya Untuk Si Kecil?

Apa Itu Oligofruktosa dan Bagaimana Perannya Untuk Si Kecil?

Oligofruktosa merupakan serat yang bisa dijumpai pada sayuran hijau yang bermanfaat sebagai prebiotik untuk meningkatkan bakteri baik di dalam usus, pembentuknutrisi dan lainnya.

Waktu membaca: 3 menit
Jaga pencernaan si kecil selalu sehat dengan memberi nutrisi pencernaan yang tepat ya, Mam

Usia anak-anak memang sangat rentan terkena berbagai masalah kesehatan. Mulai dari demam, flu hingga masalah pencernaan seperti diare atau konstipasi. Mam perlu mencari cara yang ampuh untuk menjaga pencernaan si kecil senantiasa sehat. Salah satunya adalah menambahkan serat oligofructosea dalam menu sehari-hari si kecil.
 

Apa Itu Oligofruktosa dan Bagaimana Perannya Untuk Si Kecil?

Memang belum begitu banyak orang yang mengenal serat oligofructosea. Biasanya serat ini bisa dijumpai pada sayuran hijau yang bermanfaat sebagai prebiotik untuk meningkatkan bakteri baik di dalam usus. Selain itu, oligofructosea adalah serat larut, yang berarti mudah dicerna di dalam usus. Ditambah lagi, oligofructosea bisa digunakan sebagai suplemen makanan yang membuat perut merasa kenyang dalam waktu yang lama.

Serat larut oligofructosea bisa dijumpai dalam sayuran dan bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, sawi putih, gandum serta pisang. Menurut Journal of Nutrition, oligofructose umumnya digunakan untuk menambah serat pada makanan olahan dengan rasa yang agak manis. Di antaranya seperti sereal, yogurt buah, makanan penutup beku, kue dan produk susu kemungkinan besar juga mengandung oligofructosea yang memiliki manfaat sebagai berikut:

Pembentuk nutrisi
Oligofructose adalah bentuk karbohidrat yang tidak menaikkan gula darah seperti yang diulas  dalam Journal of Nutrition. Hal ini membuat oligofructosea sangat ideal bagi penderita  diabetes. Selain itu, oligofructosea juga rendah kalori dibanding karbohidrat utuh. Hampir semua oligofructosea yang masuk dalam usus besar akan difermentasi oleh bakteri. Proses fermentasi oligofructosea menghasilkan 1,5 kalori sedangkan karbohidrat biasa menyediakan 4 kalori per gramnya.

Membuat kenyang
Si Kecil dengan obesitas atau kelebihan berat badan biasanya sulit untuk menahan rasa lapar atau keinginan untuk makan secara terus-menerus. Dari penelitian yang dipublikasikan dalam European Journal of Clinical Nutrition, menemukan bahwa oligofructosea dapat dimanfaatkan untuk membantu menjaga perut kenyang dalam waktu yang lama sehingga mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

Meningkatkan jumlah bakteri ramah
Bicara masalah pencernaan, seperti yang telah disinggung di atas oligofructose juga meningkatkan pertumbuhan jumlah bakteri baik di dalam usus yang disebut fidobacteria. Dilansir dari Journal of Nutrition, mikroorganisme ini mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya, membantu menyerap nutrisi tertentu dan membantu menghasilkan vitamin B.

Apa Itu Oligofruktosa dan Bagaimana Perannya Untuk Si Kecil?

Nah, kini Mam sudah tahu oligofructose. Jaga pencernaan si kecil selalu sehat dengan memberi nutrisi pencernaan yang tepat ya, Mam…


 

Yuk Cari Inspirasi Hebat Lainnya

Average Rating
Average: 4 (1 vote)
Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login