8 Ciri-ciri Anak Cerdas Umur 1 Tahun dan Stimulasi yang Bisa Dilakukan.jpg

8 Ciri Anak Cerdas Umur 1 Tahun dan Stimulasi yang Tepat

Dengarkan Artikel
Waktu membaca: 5 menit

Banyak orang tua khawatir ketika ada anak sebaya Si Kecil yang memiliki kemampuan berbeda atau bahkan selangkah lebih maju. Padahal kenyataannya, anak-anak tumbuh dalam kecepatan yang berbeda dan tidak melulu harus dalam urutan yang sama.

Pencapaian berdasarkan usia ini terkait dengan bagaimana Si Kecil bermain, belajar, berbicara, bertingkah, dan bergerak. Nah, Mam, meski berbeda-beda, terdapat ciri pencapaian pertumbuhan ketika Si Kecil mencapai usia tertentu.

Ketika menginjak usia 12 bulan misalnya, terdapat ciri-ciri tertentu yang menandakan kecerdasannya. Ciri anak cerdas umur 1 tahun ada 8 hal (Lazear, 1999), yakni:

1. Kecerdasan logis

Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan Si Kecil untuk memahami pola dan kemampuannya untuk mengutak-ngatik simbol yang abstrak seperti angka dan ragam bentuk geometri. Kecerdasan logis dilengkapi dengan kemampuannya memahami hubungan antara berbagai informasi yang terpisah.

2. Kecerdasan linguistik

Kecerdasan verbal terkait dengan kemampuannya memahami dan menggunakan kata-kata baik secara verbal maupun kemampuannya mengenal kata-kata tertulis. Kecerdasan bahasa ini berperan besar dalam kemampuannya untuk berbicara serta hal-hal kompleks di dalamnya termasuk puisi, humor, kemampuan bercerita, tata bahasa, metafora, berpikir simbolis, membaca, dan menulis.

3. Kecerdasan visual

Kecerdasan ini berkaitan era dengan seni visual baik itu melukis, menggambar, dan patung. Selain itu, kecerdasan visual juga terkait dengan hal-hal yang bersifat spasial. Dalam kecerdasan ini, hal yang penting adalah penglihatan, tapi kemampuan untuk menggambarkan sesuatu dalam imajinasinya juga tidak kalah penting.

4. Kecerdasan alam

Ciri anak cerdas umur 1 tahun bisa dilihat dari kecerdasan alamnya.Kecerdasan alam berkaitan dengan relasi Si Kecil dengan alam. Bagaimana dia melihat, memahami, dan mengapresiasi berbagai jenis flora dan fauna di hadapan dunia yang diciptakan oleh manusia menjadi penanda utama dari anak-anak dengan kecerdasan alam.

Baca Juga: Tips Penuhi Asupan Nutrisi Anak agar Berat Badan Ideal

5. Kecerdasan musikal

Kecerdasan musikal ini melibatkan kapasitas Si Kecil untuk mengenali dan menggunakan pola ritmik dan nada, serta sensitivitasnya terhadap suara yang muncul dari sekitarnya, suara manusia, dan instrumen musik.

6. Kecerdasan kinetis

Kecerdasan kinetis adalah kemampuan Si Kecil dalam menggunakan tubuhnya untuk mengekspresikan emosi, bermain game, berolahraga, serta menciptakan hal-hal baru. Kecerdasan kinetis sangat terkait dengan kemampuan motorik baik halus maupun kasar.

7. Kecerdasan interpersonal

Kecerdasan ini terkait dengan kemampuan untuk bekerjasama dan berkelompok dengan orang lain sekaligus kemampuan untuk berkomunikasi baik secara verbal maupun noverbal dengan orang lain. Kecerdasan interpersonal ini melengkapi kemampuan untuk membedakan suasana hati, temperamen, motivasi, serta niat.

8. Kecerdasan intrapersonal

Kecerdasan diri melibatkan pengetahuan mengenai diri sendiri seperti kemampuan untuk merasakan perasaan, berbagai tanggapan emosional, proses berpikir, dan refleksi diri.

8 ciri kecerdasan di atas berdasar pada teori multiple intelligence dari Howard Gardner, seorang psikolog pertumbuhan dari Universitas Harvard.
Dari berbagai kecerdasan manusia tersebut, setiap manusia setidaknya dilahirkan dengan masing-masing kecerdasan kendati dalam tingkatan yang berbeda. Menurut Gardner juga, setiap manusia memiliki kecerdasan unik dan berbeda yang dibentuk oleh faktor-faktor biologis dan lingkungan.


Nah, Mam, dengan ciri anak cerdas umur 1 tahun yang berbeda satu sama lain, Mam bisa menstimulasi dengan tepat agar Si Kecil dapat memaksimalkan kecerdasan unik yang menonjol pada dirinya sembari melatih kecerdasan-kecerdasan lainnya.


Cara-cara yang bisa Mam lakukan seperti menghabiskan lebih banyak waktu dengan Si Kecil untuk mengetahui hal apa saja yang dia sukai. Selain itu, Mam harus fokus pada hal-hal yang dia kuasai daripada hal yang belum atau tidak bisa dia lakukan.


Buat dia merasa bangga dengan apa yang dia kuasai alih-alih melabeli ketidakmampuannya melakukan sesuatu. Mam juga bisa berinteraksi dengannya melalui cara yang berbeda-beda untuk memahami kecerdasan yang menonjol dari dirinya.
Selain dari beragam stimulasi tersebut, perkembangan kecerdasan juga perlu didukung dengan pemenuhan nutrisi Si Kecil sembari mengeksplorasi hal-hal baru. Untuk itu, Mam bisa memberikan Si Kecil S-26 Procal Ultima.
Dibuat menggunakan susu skim dari sapi A2, S-26 Procal Ultima Multicare System dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi anak usia 1-3 tahun.  S-26 Procal Ultima Multicare System mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan Si Kecil termasuk Zat Besi, Omega 3 & 6, Selenium, Protein, Vitamin D serta vitamin dan mineral lainnya. S-26 Procal Ultima Multicare System tersedia dalam kemasan Can Top 850 gram.

Source:

-        cdc.gov/ncbddd/actearly/milestones/milestones-1yr.html
-        Lazear, D. G. (1999). Eight ways of teaching: The artistry of teaching with multiple intelligences (3rd ed.). Iri/Skylight Training & Publishing.
-        verywellfamily.com/what-are-multiple-intelligences-4002039

Wyeth milestone content listing for article

Average Rating
Average: 5 (1 vote)

Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login