Si Kecil Senang Mewarnai

7 Jenis Aktivitas Seni Anak untuk Mengasah Kreativitasnya

Menciptakan seni adalah cara yang baik untuk anak-anak agar dapat membuat suatu pilihan dan menyelesaikan masalah.

Dengarkan Artikel
Waktu membaca: 4 menit
Membawa seni ke dalam kehidupan si kecil tidak harus berarti mengikutsertakannya ke dalam kelas seni.Ada banyak cara untuk meningkatkan kreativitas Si Kecil

Menciptakan seni adalah cara yang baik untuk anak-anak agar dapat membuat suatu pilihan dan menyelesaikan masalah.

Tidak hanya membaca, menulis, dan berhitung, tapi anak-anak perlu diajarkan untuk mengembangkan kreativitasnya. Aktivitas seni anak bisa mencakup sejumlah kegiatan termasuk melukis, memahat patung, menulis, berkebun dan menulis lirik musik.

Menciptakan seni adalah cara yang baik untuk anak-anak agar dapat membuat suatu pilihan dan menyelesaikan masalah. Membawa seni ke dalam kehidupan si kecil tidak harus berarti mengikutsertakannya ke dalam kelas seni. 

Aktivitas Seni Anak yang Dapat Dilakukan oleh Orang Tua

Ada banyak hal yang dapat Mam lakukan di rumah untuk meningkatkan kreativitas si kecil melalui aktivitas seni anak, diantaranya:

  • Ketika orangtua membacakan sebuah cerita kepada anak-anak, coba gunakan alat peraga dan kostum yang sesuai dengan karakter yang terdapat di dalam cerita. Dorong si kecil untuk membuat ceritanya sendiri dan minta ia untuk menceritakannya kepada Mam.
  • Sediakan lembaran kertas atau memo. Biarkan si kecil menggambar, membuat kartu pos, membuat scrapbook, dan apa saja yang si kecil inginkan.
  • Berikan si Kecil sebuah kotak penyimpanan untuk hasil karyanya dan perlengkapan untuk membuat kerajinan. Isi kotak tersebut dengan krayon, cat warna, sisa kain dan manik-manik. Sediakan juga tempat yang nyaman untuk si kecil mengekspresikan kreativitas dengan imajinasinya.
  • Biarkan si Kecil melakukan aktivitas seni anak ini dengan berbagai kreasi dengan imajinasinya, Mam tidak perlu membatasi si kecil dengan aturan-aturan. Misalnya si kecil menonton film anak-anak, lalu dia menceritakan ulang kepada Mam. Tapi akhir cerita tidak sama dengan filmnya, si kecil mengarang akhir cerita tersebut. Hal ini dapat melatih kreativitas si kecil.
  • Melalui mainan yang sudah dimiliki si Kecil, orang tua dapat membantu aktivitas seni anak melalui bermain drama menggunakan mainan si Kecil dengan menciptakan beragam karakter.
  • Kreativitas si Kecil dapat dikembangkan melalui permainan sensori. Orang tua dapat menyediakan pasir, air, es batu, biji-bijian, dan lain-lain. Melalui permainan sensori ini, si Kecil dapat mengeksplorasi hal baru yang dapat mengembangkan kreativitasnya
  • Orang tua dapat menciptakan suasana yang dapat membantu si Kecil untuk mengutarakan pendapatnya tanpa rasa takut, seperti diskusi kecil-kecilan. Saat si Kecil mengeluarkan pendapatnya, Mam disarankan untuk tetap menghargai pendapatnya ya.
     

Nah, itu dia Mam aktivitas seni anak yang mudah dilakukan di rumah untuk mengasah kreativitas si Kecil. Selain itu, orang tua dapat memenuhi asupan gizi yang seimbang melalui makanan sehat dan susu tambahan seperti S-26 Promise Nutrissentials untuk anak usia 3-12 tahun. Susu ini dapat memberikan nutrisi, dan membantu stimulasi untuk si Kecil agar ia siap belajar.

Yuk Cari Inspirasi Hebat Lainnya

Average Rating
belum ada rating

Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login