5 Tanda Mam Mengalami Kehamilan Kembar

5 Tanda Mam Mengalami Kehamilan Kembar

Cara mengetahui kehamilan kembar yang paling akurat adalah melalui pemeriksaan USG. Selain itu dapat juga dilihat dari beberapa tanda seperti naiknya hormone HcG dan denyut jantung janin.

Waktu membaca: 4 menit
Kehamilan kembar dapat terdeteksi melalui pemeriksaan USG pada usia kandungan antara 10-13 minggu.

Jika ada riwayat keturunan kembar dalam keluarga, Mam kemungkinan bisa mengalaminya juga. Cara mengetahui kehamilan kembar yang paling akurat adalah melalui pemeriksaan USG. Biasanya, kehamilan kembar dapat terdeteksi melalui pemeriksaan USG pada usia kandungan antara 10-13 minggu.
Selain itu, lima tanda berikut ini juga umum terlihat pada kehamilan kembar 2 atau lebih:

  1. Kenaikan level hormon HcG
    HcG (Human chorionic gonadotropin) adalah hormon yang dapat dideteksi pada urine atau darah Mam mulai 10 hari setelah pembuahan. Hormon ini meningkat dengan cepat dalam 10 minggu masa kehamilan. Adanya hasil tes yang menunjukkan angka HcG tinggi sering kali diduga sebagai tanda kehamilan kembar. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan pada Mam untuk memastikan dugaan ini.
     
  2. Hasil pemeriksaan denyut jantung janin
    Dokter kandungan atau bidan yang berpengalaman dapat mendeteksi lebih dari satu denyut jantung janin menggunakan sistem Doppler. Pemeriksaan ini umumnya dilakukan pada akhir trimester pertama. Namun, kadang hasil pemeriksaan ini juga bisa meleset. Apa yang disangka denyut janin kedua sering kali merupakan bunyi suara background atau denyut jantung Mam sendiri.
     
  3. Mual muntah yang berlebihan
    Tingginya level hormon kehamilan pada kehamilan kembar menjadi penyebab mual muntah yang berlebihan. Ada yang mengalaminya di pagi hari, ada pula yang mengalaminya di sore hari, bahkan ada yang merasakan mual sepanjang hari. Salah satu penyebab utama mual dan muntah pada ibu hamil adalah kadar gula yang rendah. Maka dari itu, Mam disarankan untuk makan dengan jumlah yang sedikit namun sering untuk mengurangi rasa mual.
     
  4.  Kenaikan berat badan yang lebih tinggi
    Rata-rata ibu dengan kehamilan kembar akan mengalami pertambahan berat badan sekitar 10 kg lebih banyak dibandingkan ibu dengan kehamilan normal. Mam bisa saja curiga tengah mengandung janin kembar bila pertambahan berat badan meningkat dengan cepat. Namun, bisa saja hal tersebut merupakan efek dari pola makan Mam yang berlebihan selama hamil. Karena itu, kontrol rutin ke dokter kandungan menjadi salah satu cara mengetahui kehamilan Mam sehat atau tidak.
     
  5. Ukuran janin yang lebih besar dibandingkan usianya
    Selama kehamilan, dokter kandungan atau bidan akan mengukur tinggi fundus (dari atas tulang kemaluan sampai puncak rahim) sebagai indikator ukuran janin. Kehamilan kembar atau lebih dapat menyebabkan rahim Mam membesar melebihi kehamilan normal.

Di samping lima tanda di atas, banyak Mam yang mengaku memperoleh mimpi atau intuisi yang kuat sebagai cara mengetahui kehamilan kembar yang dialaminya. Bagaimanapun juga, naluri seorang ibu sering kali terbukti benar, ya, Mam? Selamat menikmati kehamilan kembar, Mam.
        

Yuk Cari Inspirasi Hebat Lainnya

Apa Itu Kehamilan Kosong?

Salah satu cara mengetahui kehamilan adalah dengan melakukan tes awal menggunakan test pack.
Average Rating
Average: 4 (1 vote)
Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login