5 Hal yang Bisa Mam Lakukan untuk Ajarkan Anak jadi Mandiri

Si Kecil bisa menjadi anak mandiri tentu merupakan bekal berharga untuk masa depannya. Ciri anak mandiri diantaranya adalah merasa percaya diri dan mampu melakukan berbagai hal sendiri, termasuk mengurus dirinya sendiri. Hal ini akan menjadi bekal baginya dalam melalui masa tumbuh kembang dan tentunya saat ia mulai bersekolah kelak. 

Tanpa disadari, ternyata banyak hal-hal yang Mam lakukan sehari-hari yang justru dapat menghambat anak menjadi mandiri.  Nah, bagaimana sih mendidik anak agar mandiri? Yuk simak 5 hal yang dapat Mam lakukan agar si Kecil bisa jadi anak mandiri.

  1. Mulailah sejak usia dini
    Mendidik anak agar mandiri perlu dilakukan melalui pembiasaan-pembiasaan, yang tentunya akan lebih efektif apabila sudah diterapkan sejak anak berusia dini. Dibandingkan dengan jika Mam harus mengubah suatu kebiasaan yang kurang baik setelah anak lebih besar.  Mulai saja dengan hal-hal sederhana seperti mengembalikan mainan ke kotaknya, makan sendiri, dan sebagainya.

  2. Libatkan si Kecil dalam mengambil keputusan
    Tentunya dimulai dengan keputusan-keputusan yang berhubungan dengan si Kecil dan dengan porsi yang sesuai. Misalnya, memilih baju yang akan dipakai, buku yang akan dibaca, memilih menu sarapan, memilih kado untuk temannya, dan lain sebagainya. Apabila si Kecil tampak kesulitan, Mam bisa membantu dengan memberikan 2 atau 3 pilihan saja.

  3. Jangan terus menerus membantu si Kecil
    Apalagi sampai mengambil alih dan melakukan hal tersebut bagi si Kecil. Memang seringkali Mam gemas melihat hasil pekerjaan si Kecil atau karena si Kecil tentunya membutuhkan waktu lebih lama untuk melakukan hal tertentu. Tetapi Mam perlu ingat bahwa Mam tak akan selalu ada untuk membantunya. Tunjukkan pada si Kecil cara melakukannya, langkah-langkahnya dan kemudian biarkan ia mencoba melakukannya sendiri. Beri ia bantuan secukupnya apabila ia memang membutuhkan. Misalnya dalam hal mengikat tali sepatu, mengenakan baju, makan, meminta sesuatu pada pelayan di restoran, dan sebagainya.

  4. Beri mereka tanggung jawab di rumah
    Cara ini akan membantu si Kecil belajar melakukan berbagai pekerjaan rumah sehari-hari, belajar bertanggung jawab, dan saling menghargai dengan anggota keluarga lainnya dan menjadi anak mandiri. Tentunya tugas si Kecil perlu disesuaikan dengan usia dan tahap tumbuh kembangnya ya, Bu.

  5. Jangan mengharapkan hasil yang sempurna
    Beri ruang si Kecil untuk membuat kesalahan agar ia dapat belajar dari kesalahannya dan tetap percaya diri untuk mencoba melakukannya lagi sendiri. Saat belajar melakukan sesuatu sendiri tentunya Ibu dapat melakukan kesalahan, apalagi si Kecil. Saat ia melakukan kesalahan, jangan marahi ia dan semangati dengan memberi pujian untuk usaha yang sudah ia lakukan. Ini kemudian bisa membuka diskusi mengenai bagaimana agar si Kecil dapat melakukan hal tersebut dengan lebih baik lain waktu.

Yuk Mam, selalu ciptakan lingkungan dimana si Kecil bisa belajar jadi anak mandiri dengan kebiasaan dan cara yang positif.


Sumber:
https://blog.bit-guardian.com/steps-to-raise-independent-kids/
https://thriveglobal.com/stories/7-tips-for-raising-independent-children/
https://www.todaysparent.com/kids/teaching-kids-to-be-more-independent/

This article was helpful for 0 moms.


Smart Strength Finder

Merupakan tool bagi orangtua untuk mengetahui kepintaran si Kecil. Hasil tes Smart Strength Finder akan membantu orangtua dalam memberikan stimulasi tepat sesuai dengan kepintaran si Kecil.

Lihat selengkapnya