5 Cara Mendukung Kehebatan Si Naturalis

5 Cara Mendukung Kehebatan Si Naturalis

Si Kecil dengan kehebatan naturalis cenderung suka berada di alam, bersikap baik terhadap binatang, dan lain sebagainya. Stimulasi kehebatannya dengan aktivitas berkebun dan sebagainya

Waktu membaca: 4 menit
Ruth Wilson, Ph.D mengatakan, anak yang senang bermain di alam bebas akan menjadi lebih sehat dan memiliki kemampuan konsentrasi serta sosialisasi yang lebih baik.

Setiap anak memiliki minat yang berbeda-beda. Ada yang senang membaca buku, ada yang suka berimajinasi dan menggambar, ada yang suka akan segala hal yang berbau musikal, ada juga yang tertarik dengan aktivitas berhitung. Bila si kecil senang beraktivitas di luar ruangan dan mengamati objek-objek alam seperti tanaman, pohon, bunga, atau hewan yang terdapat di sekitar rumah, bisa jadi ia berpotensi memiliki kehebatan naturalis (nature smart).
 
Kehebatan naturalis adalah salah satu jenis kehebatan yang dikemukakan oleh Howard Gardner, tokoh pendidikan dari Harvard University, dalam teori Kecerdasan Majemuk. Ciri anak hebat dengan kecenderungan naturalis antara lain suka berada di alam, bersikap baik terhadap binatang, dan yang pasti tidak takut kotor saat menyentuh atau berinteraksi langsung dengan elemen-elemen yang terdapat di alam, seperti batu, tanah, dedaunan, dan lain sebagainya. Ini beberapa cara yang bisa Mam lakukan untuk menstimulasi kehebatan si naturalis.

  • Memelihara Hewan
    Merawat hewan peliharaan akan memberikan banyak manfaat bagi anak prasekolah. Si naturalis bisa mengamati hewan secara lebih dekat, belajar mengenai siklus kehidupan, dan belajar memperlakukan hewan dengan baik dan benar. Memelihara hewan juga dapat membantu mengembangkan emosi anak karena ia akan belajar memerhatikan dan menyayangi mahluk hidup lain.
  • Berkebun
    Ajak si kecil beraktivitas di halaman untuk merangsang inderanya terhadap berbagai elemen alam. Saat ikut menyiram tanaman atau mengumpulkan dedaunan, anak akan melihat dan mengamati berbagai bentuk dan warna tanaman. Ia juga akan mencium aroma tanah dan beragam bunga. Ketertarikannya terhadap alam akan mendorongnya untuk menyentuh dan merasakan langsung tekstur tanah, batu, daun, bunga, pohon, hingga mendengar suara jangkrik, burung, dan hewan-hewan lain yang terdapat di halaman.
  • Jalan-jalan ke kebun binatang
    Kebun binatang adalah salah satu tempat favorit si naturalis. Di sana, ia dapat melihat beraneka jenis hewan yang jarang ditemui sehari-hari. Mam bisa membantu menerangkan nama setiap hewan, cirinya, sifatnya, tempat hidupnya, dan lain sebagainya.
  • Berkemah
    Berkemah merupakan kegiatan alternatif yang cocok bagi si naturalis. Ia bisa mengeksplorasi elemen alam di tempat perkemahan, menyaksikan sendiri keindahan alam dari dekat, dan melihat langsung ekosistem alam. Carilah tempat perkemahan yang nyaman dan aman untuk memperkenalkan alam bebas kepada si naturalis.
  • Menggambar objek alam
    Selain berinteraksi langsung dengan elemen alam, Mam juga bisa menstimulasi si kecil dengan memintanya menggambar objek-objek alam seperti bunga, pohon, batu, dan lain-lain. Langkah ini sekaligus melatih si kecil mengembangkan keterampilan menggambar dan mewarnainya.

Tak bisa dipungkiri, membiarkan anak bermain di lingkungan alami sangat bermanfaat bagi tumbuh kembangnya. Ruth Wilson, Ph.D., profesor emeritus bidang Pendidikan Khusus di Bowling Green State University di Ohio mengatakan, anak yang senang bermain di alam bebas akan menjadi lebih sehat dan memiliki kemampuan konsentrasi serta sosialisasi yang lebih baik. Pengalaman bermain di alam juga akan menumbuhkan rasa peduli terhadap alam dan lingkungan di dalam dirinya.
Nah, bagaimana dengan si kecil, Mam? Apakah ia memiliki potensi kehebatan naturalis? Jika ya, dukung potensinya dengan beberapa tips di atas agar hebatnya semakin bersinar, ya! 
 

Yuk Cari Inspirasi Hebat Lainnya