4 Cara Memahami Karakter Anak

4 Cara Memahami Karakter Anak

Waktu membaca: 3 menit

Setiap anak memiliki karakter (atau disebut juga personality) dan temperamen yang berbeda, bahkan meskipun mereka saudara kandung. Sementara itu, orangtua tentunya perlu memahami karakter dan temperamen anak agar dapat membesarkan anak dengan dukungan yang sesuai dan efektif.

Berikut ini adalah beberapa cara memahami karakter anak yang dapat Mam dan Pap coba terapkan. Baca penjelasan singkatnya, ya.
 

  1. Salah satu cara memahami karakter anak adalah dengan mengamati anak saat ia melakukan berbagai kegiatan. Cari apa yang secara konsisten ia lakukan atau tunjukkan. Aktivitas apa saja yang menjadi kesukaan anak, bagaimana anak bersikap ketika menghadapi satu situasi. Juga perhatikan apakah ia kesulitan saat menghadapi perubahan.
     
  2. Mengajak si Kecil mengobrol atau berdiskusi juga dapat menjadi cara memahami karakter anak. Melalui perbincangan dengan anak Mam akan mendapat informasi untuk memahami karakter anak. Untuk anak yang lebih kecil Mam tentu dapat memperhatikan ekspresi dan bahasa tubuhnya.
     
  3. Mengajukan pertanyaan pada anak dapat membantu Mam mehami karakter anak. Tetapi tentunya Mam perlu mengajukan pertanyaan yang tepat. Misalnya hindari pertanyaan dengan jawaban ya atau tidak. Ajukan pertanyaan yang mendorong anak untuk bercerita atau menjelaskan lebih lanjut, atau bahkan mengungkapkan pendapatnya.
     
  4. Mam juga perlu mencari tahu tentang karakteristik anak pada tahapan usia si Kecil. Misalnya dengan membaca buku atau artikel. Tentunya Mam tetap perlu ingat bahwa karakteristik yang tertulis di buku dan artikel tentunya bisa berbeda pada tiap anak, tetapi Mam tetap bisa menjadikannya sebagai acuan untuk menentukan ekspektasi.

Jika orangtua memahami karakter anak, Mam jadi bisa memahami pula bagaimana anak akan merespon situasi tertentu. Dengan begitu Mam dapat mengantisipasi atau menyiapkan si Kecil agar bisa menghadapi sebuah situasi dengan cara yang tepat. Mam juga jadi bisa menyesuaikan strategi atau metode parenting sehingga sesuai dengan karakter anak dan tumbuh kembang anak berjalan optimal. Dengan dukungan yang tepat dari Mam dan Pap si Kecil tentu akan menjadi anak yang pintar dan hebat.


Sumber:
https://childdevelopmentinfo.com/child-development/understanding-your-c…
https://childdevelopmentinfo.com/child-development/temperament_and_your…
https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/gradeschool/Pages/H…
https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/development/social/unders…

Yuk Cari Inspirasi Hebat Lainnya

Average Rating
Average: 5 (1 vote)

Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login