2 Faktor Penting Pendukung Anak Hebat

Tahukah Mam, ada dua faktor penting yang mempengaruhi proses perkembangan si Kecil untuk menjadi anak hebat. Yaitu faktor nature atau bawaan, dan faktor nurture atau binaan. Memang, di kalangan para ahli pun masih ada perdebatan faktor mana yang lebih berperan dalam perkembangan anak hebat. Tetapi, sebagai bekal untuk mendidik anak hebat, tentu tak ada salahnya bagi Mam untuk mengenal terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan nature dan apa yang dimaksud dengan nurture. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Apa yang dimaksud dengan nature dalam tumbuh kembang anak hebat?
Pengertian nature dalam tumbuh kembang anak mengacu pada hal-hal yang sudah dibawa anak sejak lahir, yaitu hal-hal yang diturunkan secara genetik. Faktor nature ini misalnya adalah tampilan fisik anak seperti warna kulit, mata, rambut, tinggi badan, kondisi kesehatan tertentu dan sebagainya. Selain itu, faktor nature juga bisa meliputi karakteristik anak.

Apa yang dimaksud dengan nurture dalam tumbuh kembang anak hebat?
Pengertian nurture dalam tumbuh kembang anak secara sederhana mengacu kepada hal-hal yang mempengaruhi dari luar diri si Kecil. Karena dalam nurture pengaruh lingkungan terjadi setelah pembuahan, makan yang termasuk ke dalamnya dimulai dari kesehatan Mam saat masa kehamilan, nutrisi yang diterima saat dalam kandungan dan setelah dilahirkan, stimulasi yang diberikan pada si Kecil, pengalaman yang ia alami setelah lahir, baik itu dari dari keluarga, sekolah, dan teman, dan lainnya.

Mana yang lebih berperan dalam menjadikan si Kecil anak hebat?
Studi masa kini mengakui bahwa faktor genetik maupun lingkungan sama-sama berpengaruh dalam jadikan si Kecil anak hebat. Seperti juga bakat anak yang tetap membutuhkan dukungan dari Mam dan Pap agar dapat berkembang secara optimal, begitu juga untuk  Nature, atau faktor bawaan saja tidaklah cukup. Agar tumbuh kembang si Kecil dan proses belajarnya berjalan optimal dan supaya ia menjadi anak yang hebat, si Kecil membutuhkan dukungan dari luar dirinya. 

Nah, peran Mam dan Pap tentunya sangat besar dalam hal pemberian dukungan ini. Tugas orangtua dalam mendidik anak hebat diantaranya adalah memastikan si Kecil mendapatkan asupan nutrisi yang baik dan dari sumber yang bervariasi, memberikan stimulasi yang tepat dan secara rutin untuk mendukung perkembangan akal, fisik dan sosial anak, memberikan pengalaman belajar yang baik, dan lain sebagainya. Perlu Mam dan Pap ingat, faktor nurture ini merupakan proses yang panjang, yang hasilnya mungkin baru dapat dilihat di kemudian hari.

Bagaimana contoh faktor nurture yang dapat mempengaruhi faktor nature?
Contohnya adalah pemilihan metode belajar yang sesuai dengan karakteristik bawaan anak sehingga proses perkembangan kognitifnya dapat berjalan secara optimal. Misalnya, ada anak yang karakternya membuatnya lebih mudah belajar dengan cara mendengarkan penjelasan, ada yang dengan cara membaca, ada yang dengan cara mencoba langsung. Jika orangtua dapat memberi pengalaman belajar yang sesuai, tentu proses belajar menjadi lebih optimal dan si Kecil menjadi anak yang hebat.

Hal lain yang penting untuk Mam dan Pap perhatikan dalam mendidik anak hebat, kehebatan si Kecil tak melulu soal akademis saja tetapi meliputi aspek akal, fisik dan juga sosial. Jadi, pastikan dukungan yang diberikan selalu bersinergi, ya.
 


Sumber:
https://www.medicinenet.com/nature_vs_nurture_theory_genes_or_environment/article.htm
https://www.verywellmind.com/what-factors-determine-intelligence-2795285
https://www.verywellmind.com/what-is-nature-versus-nurture-2795392
http://www.scholastic.com/browse/article.jsp?id=1044

This article was helpful for 0 moms.


Smart Strength Finder

Merupakan tool bagi orangtua untuk mengetahui kepintaran si Kecil. Hasil tes Smart Strength Finder akan membantu orangtua dalam memberikan stimulasi tepat sesuai dengan kepintaran si Kecil.

Lihat selengkapnya