Panduan Makan Sehat Untuk Batita

Pada saat memulai fase makanan pendamping ASI (MPASI), umumnya bayi masih mau menyantap apa pun yang diberikan oleh Mam. Mendekati usia 1 tahun, saat porsi makannya harus lebih banyak dibandingkan asupan ASI atau susu, biasanya mulai muncul perubahan sikap dari si kecil. Saat ini, menu harian makanan anak 1 tahun biasanya terdiri dari makanan padat, ASI, dan susu pertumbuhan.

Seperti dijelaskan oleh dr. Nuraini Irma Susanti SpA, pada fase ini anak akan mengalami berbagai hal yang membuatnya enggan menyantap makanan, mulai dari bosan dengan tekstur makanan halus atau yang dicampur aduk, sedang antusias mengeksplorasi lingkungannya, mulai bisa membedakan rasa, dan lain sebagainya. Sebenarnya ini normal saja, Mam, dan sesuai dengan fase tumbuh kembangnya. Yang lebih penting Mam perhatikan adalah bagaimana caranya agar keengganan tersebut tidak berlanjut dan menjadi kebiasaan, hingga akhirnya menimbulkan problem anak susah makan.

Untuk menghindari problem anak sulit makan, Mam dapat membentuk pola makan yang baik sejak dini. Biasakan si kecil untuk mengonsumsi bermacam jenis makanan sehat, serta lakukan kegiatan makan secara teratur. Jika anak terbiasa makan secara teratur, maka tubuhnya akan otomatis mengatur kapan waktunya makan dan kapan tidak. Ia pun menjadi sadar akan rasa lapar dan kenyang.

Untuk membantu proses pembentukan makan sehat si kecil, Mam dapat mengintip panduan makan sehat untuk batita berikut ini:

Asupan bergizi untuk batita:

  • Roti tawar gandum (boleh diolesi selai untuk anak usia di atas 2 tahun)
  • Produk gandum lain seperti cracker, oatmeal, sereal, dan lainnya
  • Ubi
  • Susu pertumbuhan
  • Produk olahan susu seperti keju, yoghurt, puding
  • Aneka macam protein seperti telur, daging ayam atau sapi yang dipotong kecil, daging ikan tanpa tulang, dan tahu
  • Buah-buahan lembut seperti pisang, pepaya, alpukat
  • Buah-buahan yang teksturnya agak keras, dipotong kecil, seperti apel dan pir
  • Sayuran yang dikukus sampai lembut, seperti brokoli dan kembang kol
  • Jus buah murni tanpa tambahan pemanis atau apa pun
  • Madu
     

Tips memberi makan batita:

  • Jika Mam atau Pap memiliki riwayat alergi terhadap makanan tertentu, bicarakan dengan dokter anak mengenai kemungkinan si kecil juga menderita alergi. Contoh makanan yang kadang memicu alergi pada balita adalah telur, ikan, dan kacang.
  • Anak berusia di atas 2 tahun sedang berada pada tahap senang memilih sendiri makanan yang ingin dimakan. Bila ia memaksa ingin memegang makanannya sendiri, biarkan saja ya, Mam. Meski kelihatannya ia sedang “bermain” dengan makanannya, tetapi sesungguhnya ia sedang belajar mengenal rasa, tekstur, dan jenis makanan. Tak usah terlalu risau meski makanannya tumpah dan sekitarnya jadi berantakan.
  • Ciptakan pola makan teratur yang juga sehat, yaitu 5 kali sehari (3 kali makan utama, 2 kali selingan). Lebih baik lagi bila ditambah dengan minum susu pada pagi dan malam hari untuk menunjang pertumbuhan dan kepintarannya. S-26 Procal GOLD adalah susu pertumbuhan yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak usia 1-3 tahun. Dilengkapi dengan new improved formula MULTIEXCEL™. Tersedia dalam dua varian rasa yang nikmat, yaitu vanila dan madu.

Pola makan sehat dan teratur yang diterapkan sejak kecil tidak hanya bermanfaat dalam menghindarkan Mam dari problem anak susah makan. Bila dijalani secara konsisten, kebiasaan baik ini juga dapat membuat si kecil terbiasa dengan pola hidup sehat hingga kelak ia dewasa.
 

Sumber:

  1. tabloidnova.com/Keluarga/Anak/8-Penyebab-Si-Kecil-Mulai-Sulit-Makan
  2. tabloid-nakita.com/read/2607/biar-enggak-sulit-makan-yuk-atur-pola-makan-anak-
  3. babycenter.com/0_age-by-age-guide-to-feeding-your-toddler_1736045.bc
  4. wyethnutrition.co.id/products

Diakses pada 8 Juli 2016

This article was helpful for 0 moms.


Smart Strength Finder

Merupakan tool bagi orangtua untuk mengetahui kepintaran si Kecil. Hasil tes Smart Strength Finder akan membantu orangtua dalam memberikan stimulasi tepat sesuai dengan kepintaran si Kecil.

Lihat selengkapnya