Nutrisi Penting untuk Dukung Kepintaran Si Kecil

Jangan heran bila memasuki usia 3 tahun si kecil semakin sering menunjukkan kepintarannya. Tanda yang paling utama adalah ia semakin banyak bertanya. Hal ini menunjukkan bahwa ia sedang menjalani proses belajar menyelesaikan masalah, mengamati dan mengeksplorasi lingkungan, serta menemukan hal-hal baru.

Salah satu contoh perilaku yang menandakan kepintaran si kecil adalah ia senang menata balok berdasarkan kesamaan warna, bentuk, atau ukurannya. Artinya, ia sudah bisa membedakan objek berdasarkan ketiga golongan tersebut. Selain itu, pada fase usia ini sebagian anak bersemangat untuk makan menggunakan sendok dan garpu sendiri, layaknya orang lain di sekitarnya. Memang, kemampuan makannya masih jauh dari sempurna. Ia akan menumpahkan banyak makanan dan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan aktivitas tersebut. Namun, tetap dukung upayanya ini ya, Mam.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Howard Gardner, tokoh pendidikan dan psikolog terkenal dari Harvard University, menemukan bahwa setiap anak dilahirkan dengan setidaknya 8 jenis kepintaran. Bila dilihat dari tahap perkembangan anak usia dini, si kecil sedang berusaha mencari tahu dan mengembangkan berbagai kepintarannya tersebut. Dukung pintarnya dengan memastikan kebutuhan nutrisinya terpenuhi ya, Mam. Selalu berikan asupan bergizi, terutama yang penting bagi perkembangan otaknya. Ini daftar makanan yang penting dikonsumsi oleh si kecil:

  1. Susu
    Jadikan pintarnya si kecil bersinar dengan memberinya susu pertumbuhan. Berikan S-26 Promise GOLD untuk anak usia 3-12 tahun yang dilengkapi bahan makronutrien dan mikronutrien yang dapat mendukung si kecil dalam proses mengamati dan berpikir. Konsumsi susu ini juga dapat membantu mendukung si kecil tumbuh aktif dan daya tahan tubuh kuat.
     
  2. Telur
    Kandungan protein, karbohidrat, asam lemak, dan kolin pada telur bermanfaat dalam meningkatkan daya konsentrasi anak.
     
  3. Ikan Laut
    Ikan laut seperti salmon dan tuna kaya akan vitamin D dan asam lemak omega 3, jenis DHA dan EPA yang penting untuk mendukung pertumbuhan dan fungsi otak. Konsumsi ikan juga penting utuk mencegah otak dari penurunan keterampilan mental dan hilang ingatan. Menurut Prof. Dr. dr. Ratna Djuwita, MPH, dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, anak yang rutin mendapatkan asupan asam lemak ini akan menjadi lebih pintar karena perkembangan sel-sel otak dan sarafnya mendapatkan dukungan nutrisi yang baik.
     
  4. Sayuran Hijau
    Sayuran hijau seperti bayam, sawi, seledri, terbukti kaya akan asam folat, berbagai jenis vitamin, serta antioksidan yang membantu menumbuhkan sel-sel baru di otak. Menurut banyak penelitian, konsumsi sayuran hijau secara rutin dapat menurunkan risiko terjadinya demensia di usia dewasa.
     
  5. Oatmeal
    Makanan ini kaya akan protein dan serat yang membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.
     
  6. Stroberi dan Bluberi
    Kedua jenis buah ini mengandung antioksidan. Riset membuktikan, konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dapat membantu mencegah efek jangka panjang oksidasi oleh radikal bebas pada fungsi otak.
     

Dengan memberikan asupan makanan yang kaya akan nutrisi, Mam telah mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Berikan keenam jenis makanan di atas, agar pintarnya si kecil semakin bersinar ya, Mam!


Sumber:

  1. wyethnutrition.co.id/products/s-26-promise-gold
  2. kidcentraltn.com/article/brain-development-preschool-3-5-years
  3. babycenter.com/0_learning-milestones-cognitive-skills-ages-3-and-4_72271.bc
  4. webmd.com/add-adhd/childhood-adhd/features/brain-foods-kids

Diakses pada 27 April 2016

This article was helpful for 0 moms.


Smart Strength Finder

Merupakan tool bagi orangtua untuk mengetahui kepintaran si Kecil. Hasil tes Smart Strength Finder akan membantu orangtua dalam memberikan stimulasi tepat sesuai dengan kepintaran si Kecil.

Lihat selengkapnya