Mengukur Tumbuh Kembang Anak saat Usia 1 Tahun

Ulang tahun pertama si Kecil bisa jadi salah satu momen terpenting dalam hidup si Kecil serta Mam dan Pap. Bagaimana tidak? Ia kini telah melewati fase bayi dan sedang memasuki masa kanak-kanak. Dalam beberapa tahun ke depan, si Kecil akan menjalani proses tumbuh kembang anak yang sangat penting dalam hidupnya.

Tentunya banyak perubahan yang akan terjadi dalam tumbuh kembang anak 1 tahun. Si Kecil lebih banyak berinteraksi dengan Mam dan orang-orang di sekelilingnya, memiliki rasa ingin tahu lebih besar, dan semakin aktif bergerak.

Proses tumbuh kembang yang dialami setiap anak akan berlangsung unik. Hal ini karena setiap organ di tubuh si Kecil memiliki pola pertumbuhan yang berbeda dan dengan kecepatan yang bervariasi. Misalnya, pertumbuhan otak anak yang akan berjalan sangat pesat hingga ia mencapai usia 6 tahun. Setelah itu, otak si Kecil tetap akan berkembang dengan kecepatan jauh lebih lambat dari sebelumnya.

Untuk mengetahui apakah proses pertumbuhan si Kecil sudah sesuai dengan tahap tumbuh kembang anak usia 1 tahun, Mam dapat melihat panduan berikut:
 

Berat dan tinggi badan (fisik)

Cara paling mudah dan mendasar dalam memantau tumbuh kembang anak adalah melihat perkembangan fisiknya. Secara umum, berat badan anak usia 1 tahun berkisar 3 kali dari berat lahirnya. Bila Mam ingin melakukan perhitungan yang lebih rinci, lihat rumusnya di sini. Cara menghitung perkiraan tinggi badan normal anak usia 1 tahun adalah: 1,5 x tinggi badan saat lahir.
 

Kemampuan motorik

Kemampuan motorik adalah kemampuan si Kecil dalam menggerakkan bagian-bagian tubuhnya. Pada anak usia 1 tahun, perkembangan motorik ditandai dengan kemampuannya berdiri sendiri, membolak-balik buku, belajar melangkah, dan lain-lain.

Selain itu, salah satu cara memantau perkembangan motorik anak 1 tahun adalah melihat kemampuannya makan sendiri. Pada usia ini, si Kecil semestinya sudah bisa makan menggunakan jemarinya sendiri, walaupun belum sempurna dan masih berantakan. Minimal, si Kecil sudah dapat menggenggam makanan dan memasukkannya ke dalam mulut. Sebagian anak  bahkan sudah dapat makan menggunakan sendok di usia ini.
 

Kemampuan sosial dan emosional

Kemampuan ini berkaitan dengan bagaimana si Kecil berinteraksi dengan orang lain. Umumnya, salah satu ciri tumbuh kembang anak usia 1 tahun adalah ia senang memeluk orang tua, meniru aktivitas di rumah, dan mulai berbagi mainan dengan anak lain.

Meski demikian, Mam tak perlu heran juga bila si Kecil selalu “menempel” pada Mam saat berada di luar rumah. Si Kecil juga mungkin merasa malu ketika berada di dekat orang yang tak ia kenali. Hal ini juga wajar, kok, Mam.
 

Kemampuan berbahasa

Umumnya, anak usia 1 tahun sudah dapat memproduksi dan memahami kata-kata tunggal, mampu menunjuk bagian-bagian tubuh, perbendaharaan kata meningkat pesat, dan mampu mengucapkan kalimat yang terdiri dari dua kata atau lebih.
 

Kemampuan kognitif

Anak usia 1 tahun umumnya sudah bisa diajari untuk memecahkan masalah sangat sederhana. Misalnya, mencari mainan yang Mam sembunyikan di dalam genggaman, merespons instruksi sederhana, meniru gerakan-gerakan Mam, menunjuk sesuatu yang ia inginkan, atau memintanya mengeluarkan benda yang ditaruh di dalam wadah.
 

Tips Mendukung Tumbuh Kembang Anak 1 Tahun

Proses tumbuh kembang anak dipengaruhi terutama oleh dua hal ini:

1. Nutrisi

Nutrisi diperlukan untuk mendukung pertumbuhan semua organ di tubuh si Kecil, terutama otaknya. Selain itu, asupan nutrisi yang baik dan cukup penting untuk membangun dan menguatkan daya tahan tubuh anak agar si Kecil tidak rentan sakit. Jenis asupan nutrisi yang penting bagi tumbuh kembang anak 1 tahun yaitu: karbohidrat, lemak, asam lemak (AA, DHA, Omega 3, Omega 6), protein, kalsium, serat, vitamin A dan C.

Selain asupan dari makanan sehari-hari, berbagai zat gizi juga bisa didapat dari susu. Biasakan si Kecil minum susu setiap hari agar ia mendapatkan berbagai jenis nutrisi penting untuk mendukung tumbuh kembangnya. Mam bisa memberikan S-26 Procal GOLD, susu pertumbuhan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil usia 1-3 tahun. S-26 Procal GOLD dilengkapi dengan new improved formula MULTIEXCELTM yang dapat membantu mendukung kemampuan belajar si Kecil.

Temukan juga aneka makanan sehat untuk mendukung tumbuh kembang anak 1 tahun di sini. Selain dari makanan utama, si Kecil juga bisa mendapatkan kelengkapan nutrisi penting melalui camilan sehat untuk anak 1 tahun.
 

2. Stimulasi

Oleh karena si Kecil sedang senang mengeksplorasi berbagai hal di sekitarnya, Mam perlu memberikan stimulasi sesuai tahapan usianya. Pemberian stimulasi ini akan sangat memengaruhi perkembangan otak si Kecil. Memberi stimulasi bisa dengan mainan beragam bentuk, rupa, dan warna. Contohnya: buku kain, bola warna-warni, instrumen musik mainan, dan lain-lain.

Berikan stimulasi melalui interaksi alamiah antara Mam dan si Kecil sehari-hari. Agar efeknya optimal, Mam perlu melakukannya secara teratur atau berulang setiap hari. Tak lupa, lakukan dalam suasana senang dan gembira, ya, Mam.
 

Sumber:

  1. kesehatanaz.com/inilah-tahap-perkembangan-anak-1-tahun-yang-mengagumkan/
  2. parentingclub.co.id/smart-stories/mengenali-tahapan-tumbuh-kembang-anak-usia-batita
  3. parentingclub.co.id/smart-stories/sumber-gizi-lengkap-pembentuk-tubuh-sehat
  4. mitrakeluarga.com/cikarang/cara-mendidik-anak-sesuai-dengan-tumbuh-kembang-anak-3/
     

Diakses pada 10 September 2017

This article was helpful for 0 moms.


Smart Strength Finder

Merupakan tool bagi orangtua untuk mengetahui kepintaran si Kecil. Hasil tes Smart Strength Finder akan membantu orangtua dalam memberikan stimulasi tepat sesuai dengan kepintaran si Kecil.

Lihat selengkapnya