3 Tips Atasi Anak Susah Makan Saat Berlibur

Berada di tempat yang jauh dari rumah dan rutinitas sehari-hari bisa memengaruhi kebiasaan si kecil. Bila sehari-hari ia tidak bermasalah makan, bisa jadi selama berlibur ia menjadi lebih pemilih. Hal ini wajar saja, Mam, sebab aktivitas selama berlibur memang biasanya tidak sama dengan kebiasaan sehari-hari.

Meski begitu, Mam tak perlu khawatir. Yang penting adalah memastikan asupan nutrisinya tetap tercukupi, walaupun selama berlibur si kecil tidak dapat mengonsumsi makanan buatan Mam. Anak membutuhkan makanan yang mengandung karbohidrat sebagai sumber tenaga. Jika si kecil menolak makan nasi, Mam bisa menawarkan sumber karbohidrat lain seperti kentang, ubi, pasta, dan roti. Perbanyak juga asupan sayur dan buah yang kaya vitamin untuk membantu menjaga daya tahan tubuh anak tetap kuat. Selain itu, ikuti tips atasi anak susah makan di bawah ini ya, Mam:

  • Minum cukup
    Perjalanan yang jauh serta agenda berlibur yang padat bisa jadi melelahkan. Apalagi bila udara di kota tujuan wisata lebih panas. Selain memastikan kebutuhan nutrisi anak tercukupi, Mam juga harus memerhatikan asupan cairannya. Pastikan ia mendapatkan asupan cairan yang cukup agar terhindar dari dehidrasi.
     
  • Sesuaikan pola makan
    Ketika sedang bepergian, biasanya pola makan menjadi kurang teratur. Mam tak perlu khawatir, asalkan asupan nutrisi keluarga tetap terpenuhi. Tak perlu memaksa anak untuk makan tepat waktu seperti saat sedang di rumah, karena nafsu makannya bisa jadi berubah selama di perjalanan. Satu hal yang tak boleh diabaikan adalah sarapan. Bagaimana pun kondisinya, pastikan anak selalu makan pagi sehingga ia memiliki cukup energi untuk berjalan-jalan.
     
  • Minum susu
    Lengkapi kebutuhan gizi si kecil dengan tetap mengonsumsi protein nabati maupun hewani, seperti sayuran, tahu, tempe, ayam, daging, dan lain-lain. Selain itu, si kecil juga bisa mendapat asupan protein dengan mengonsumsi susu formula yang bagus. Pilih susu yang dilengkapi dengan mikronutrien dan makronutrien yang penting bagi pertumbuhan anak. Mam dapat memberikan S-26 Procal GOLD yang terdiri dari rasa vanila dan madu untuk anak usia 1-3 tahun. Sementara anak usia 3-12 tahun, Mam dapat memberikan S-26 Promise GOLD yang kini telah dilengkapi new improved formula MULTIEXCEL™ untuk membantu kemampuan belajarnya.

Berlibur ke tempat yang jauh memang penuh tantangan. Tetap semangat dan jadikan pengalaman ini berkesan bagi si kecil ya, Mam. Untuk tahu lebih jauh mengenai cara menjaga asupan nutrisi si kecil selama berlibur, ikuti live chat bersama nutritionist Leona Victoria. Nantikan info selengkapnya, ya.
 

Sumber:

  1. uhhospitals.org/myuhcare/health-and-wellness/better-living-health-articles/2015/july/8-ways-to-keep-your-kids-healthy-while-on-vacation
  2. parenting.co.id/balita/agar+anak+kebal+penyakit+saat+liburan
  3. klikdokter.com/rubrikspesialis/alergi-anak/serbaserbi-alergi-anak/baca-ini-agar-anak-tetap-sehat-saat-pergi-liburan
  4. wyethnutrition.co.id/products

Diakses pada 7 Juni 2016

This article was helpful for 0 moms.


Smart Strength Finder

Merupakan tool bagi orangtua untuk mengetahui kepintaran si Kecil. Hasil tes Smart Strength Finder akan membantu orangtua dalam memberikan stimulasi tepat sesuai dengan kepintaran si Kecil.

Lihat selengkapnya